cyrustimes.com  – Polda Kalteng – Kapolda Kalteng Irjen Pol. Drs. Nanang Avianto, M.Si membuka Sosialisasi Daftar Isian Anggaran (DIPA) dan penyerahan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-KL) tahun anggaran 2023 yang bertempat di Aula Arya Dharma Mapolda setempat, Selasa (20/12/2022) pukul 08.30 WIB.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolda Kalteng didampingi Wakapolda Irjen Pol. Ida Oetari Poernamasasi, S.A.P., M.A., dan pejabat utama Polda serta diikuti oleh Kapolres jajaran baik secara langsung maupun virtual.

Hut Kalteng 3
Hut Kalteng 6
Hut Kalteng 7
20240510_224655
Idul Adha Erlin Hardi

Kapolda Kalteng dalam amanatnya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk dijadikan dasar penggunaan anggaran berbasis kinerja yang harus dilaksanakan secara efektif, efisien, dan sesuai dengan peruntukannya.

“Sebelum memulai setiap kegiatan yang ada dalam DIPA, Kasatker harus memperhatikan target output yang harus di capai selama satu tahun anggaran untuk menghasilkan outcome sesuai yang tertuang dalam rincian RKA-KL,” ujarnya.

WhatsApp Image 2024-05-10 at 19.43.24_7ffe9241
Fairid naparin idul adha
IMG-20240617-WA0075
idul adha barsel

Lebih lanjut ia menambahkan, DIPA Polda Kalteng tahun 2023 ini ada kenaikan sebesar Rp.75.357.661.000,00 atau delapan persen dija dibandingkan dengan alokasi anggaran tahun 2022.

“Saya juga menekankan agar para Kasatker untuk menghindari berpikir yang penting anggaran terserap meskipun penggunaan anggaran tidak memiliki nilai oencapaian output dan outcome dalam pelaksanaan tugas,” terangnya.

Hut Kapuas Erlin Hardi
PJ BUpati Kapuas, Erlin Hardi ASN Netral

Sementara itu Kabidhumas Kombes Pol. K. Eko Saputro, S.H., M.H. menambahkan bahwa dengan adanya sosialisasi ini harapannya tidak terjadi penyelewengan serta Jangan sampai terjadi duplikasi.

“Selain melaksanakan sosialisasi dan penyerahan Dipa dan RKA-Kl, Kapolda juga memberikan penghargaan kepada Satker Polda dan Polres jajaran yang berprestasi,” tambahnya.

Eko menambahkan bahwa yang memperoleh penghargaan yaitu Ditlantas Polda Kalteng dengan prestasi berhasil mendapatkan peringkat 4 (empat) nilai IKPA secara nasional dengan perolehan total 100, Polres Kobar dengan prestasi berhasil mendapatkan peringkat 5 (lima) nilai IKPA secara nasional dengan perolehan total 100.

“Kapolda juga menyerahkan penghargaan kepada Polres Barsel yang berhasil memperoleh predikat Wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM),” terangnya.(45R)