PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) melepas keberangkatan puluhan peserta Mudik Gratis di Terminal W A Gara Palangka Raya.

Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menggelar program mudik gratis lebaran tahun 2024.

Hut Kalteng 3
Hut Kalteng 6
Hut Kalteng 7
20240510_224655
Idul Adha Erlin Hardi

“Mudah-mudahan dengan adanya mudik gratis ini bisa meringankan beban masyarakat yang ingin berpergian. Kemudian juga bisa terciptanya rasa aman dalam perjalanan sehingga para pemudik ini bisa sampai ke tujuan dan bisa berkumpul dengan keluarga untuk merayakan hari raya idul fitri,” ujarnya, saat diwawancara, di Terminal W.A GARA Palangka Raya, Minggu 7 April 2024.

Ia mengungkapkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengurangi kemacetan di jalan, menurutnya selama ini kemacetan didominasi oleh transportasi jalur darat roda dua. Sehingga adanya bus untuk pemudik roda dua berkurang apalagi ditambah gratis dan juga ditambah lagi pemerintah provinsi Kalimantan Tengah mengadakan sembako murah di subsidi.

WhatsApp Image 2024-05-10 at 19.43.24_7ffe9241
Fairid naparin idul adha
Hut Kapuas Erlin Hardi
PJ BUpati Kapuas, Erlin Hardi ASN Netral

“Mudah-mudahan kedepannya kegiatan ini akan lebih banyak lagi armadanya kemudian pesertanya juga akan semakin meningkat,” ucapnya.

Sementara itu, Kadis Perhubungan Provinsi Kalteng Yulindra Dedy, mengatakan dengan adanya fasilitas yang diberikan tersebut bisa mengurangi pengguna roda dua dan juga untuk mengurangi jumlah kecelakaan bagi pemudik yang menggunakan roda dua.