PALANGKA RAYA – Dinamika politik di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dikejutkan dengan munculnya sosok Nuryakin mendaftar sebagai bakal calon Gubernur (Bacagub) di DPD Gerindra dan DPW NasDem belum lama ini.

Pendaftaran tersebut mendapat respons dari pengamat Politik Kalteng, Ricky Zulfauzan yang mengatakan kehadiran Nuryakin adalah pemecah kebuntuan.

Hut Kalteng 3
Hut Kalteng 6
Hut Kalteng 7
20240510_224655
Idul Adha Erlin Hardi

“Selama ini kita melihat dan mengamati seolah-olah H Nadalsyah di Das Barito tidak memiliki lawan berat. Namun didalam politik selalu ada kejutan, dan kejutan itu adalah Nuryakin,” kata Ricky kepada cyrustimes, Minggu 5 Mei 2024.

Menurutnya, kemunculan Nuryakin mendaftar Bacagub Kalteng saat ini hanya testing the waters atau cek ombak untuk Pilkada mendatang.

WhatsApp Image 2024-05-10 at 19.43.24_7ffe9241
Fairid naparin idul adha
IMG-20240617-WA0075
idul adha barsel

“Saya rasa kemungkinan akan ada kejutan-kejutan lagi di beberapa bulan ke depan menjelang penutupan pendaftaran pasangan bacalon kepala daerah di KUPD,” jelasnya.

Selain itu, dirinya menduga pendaftaran Nuryakin sebagai Bacagub Kalteng merupakan utusan dari pimpinan tertinggi di Kalteng.

Hut Kapuas Erlin Hardi
PJ BUpati Kapuas, Erlin Hardi ASN Netral

“Alasannya, dengan melihat kemunculannya yang tiba-tiba tentunya bukan hasil kontemplasi, melainkan sebuah arahan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Nuryakin secara resmi mendaftarkan diri sebagai Bacagub Kalteng melalui partai Gerindra dan NasDem, Jumat 3 Mei 2024.