Jakarta-Wakil Presiden Maruf Amin meresmikan Bendungan Cipanas, Sumedang, Jawa Barat. Bendungan ini dibangun dengan investasi mencapai Rp 2,06 triliun dengan kapasitas 251 juta meter kubik.

Maruf Amin menyatakan bendungan ini memiliki peran strategis yang besar untuk mendongkrak perekonomian di wilayah Sumedang dan sekitarnya. Mulai dari penyediaan air bersih, irigasi persawahan, hingga penyediaan energi.

“Keberadaan bendungan memiliki peran strategis dalam mendukung kehidupan manusia dan perekonomian, tidak hanya berfungsi sebagai sumber air baku bendungan juga berperan penting mendukung ketahanan pangan dan energi,” ujar Maruf Amin saat meresmikan bendungan, Selasa (9/7/2024).

Dalam sambutannya, Maruf Amin juga menyinggung soal kurang maksimalnya pengelolaan air di Indonesia. Dia menyebutkan terlalu banyak air yang terbuang hingga ke laut tanpa bisa ditampung dan dikelola secara maksimal.

Dia memaparkan Indonesia memiliki potensi sumber daya air besar, dengan curah hujan 2,78 triliun meter kubik per tahun, namun baru sekitar 700 miliar meter kubik yang bisa dimanfaatkan.

“Suplai air yang besar ini belum diiringi kemampuan penampungan optimal, jadi sebagian besar air hujan mengalir ke laut, maka pembangunan bendungan sangat penting dalam memaksimalkan pengelolaan air,” beber Maruf Amin.