PALANGKA RAYA – Munculnya sejumlah figur dalam bursa calon Wali Kota Palangka Raya menjadikan variasi menu bagi para Partai Politik, khususnya kepada dua nama seperti Ivo Sugianto Sabran dan Fairid Naparin di Pilwalkot 2024.

Pengamat Politik Direktur Eksekutif Barometer Kebijakan Publik dan Politik Daerah (Bajakah) sekaligus Dosen Fisipol Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR), Farid Zaky Yopianoor yang mengatakan bahwa hal itu sangat baik untuk iklim demokrasi dan pendewasaan partai politik.

Hut Kalteng 3
Hut Kalteng 6
Hut Kalteng 7
20240510_224655
Idul Adha Erlin Hardi

“Kandidat yang masuk bursa sehingga jadi perbincangan publik ini sangat bagus, sehingga figur-figur yang muncul ini menjadi seleksi ketat bagi partai untuk memilih siapa figur yang akan diusungnya,” Kata Farid kepada cyrustimes di Palangka Raya, Jum’at 29 Maret 2024.

Kendati demikian, dengan munculnya beberapa figur tersebut, dia menilai kondisi politik saat ini terbilang masih cukup dinamis.

WhatsApp Image 2024-05-10 at 19.43.24_7ffe9241
Fairid naparin idul adha
IMG-20240617-WA0075
idul adha barsel

“Sangat cair sekali, partai-partai di daerah juga masih banyak yang menunggu arahan arahan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai, sehingga ini masih dalam tahap pemunculan,” ujarnya.

Dengan cara, lanjut Farid, memunculkan nama-nama figur yang dianggap layak, populer serta memiliki elektabilitas tinggi dan kemudian dilempar ke publik.

Hut Kapuas Erlin Hardi
PJ BUpati Kapuas, Erlin Hardi ASN Netral