KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Kalteng melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Keolahragaan (Disparbudpora) Kapuas melaksanakan acara pembukaan ritual adat balian.

Ritual adat Balian dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi (Harjad) ke-218 Kota Kuala Kapuas dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Pemerintah Kabupaten Kapuas tahun 2024.

Hut Kalteng 3
Hut Kalteng 6
Hut Kalteng 7
20240510_224655
Idul Adha Erlin Hardi

Bertempat di Balai Basarah Agama Hindu Kaharingan Kabupaten Kapuas, Senin, (25/3/2024), acara tersebut dibuka oleh Staf Ahli Bupati Kapuas Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Yunabut, dalam hal ini mewakili Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi.

Turut hadir juga jajaran Forkopimda Kabupaten Kapuas, jajaran OPD lingkup Pemda Kapuas, Pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kapuas, Basir, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, serta undangan lainnya.

WhatsApp Image 2024-05-10 at 19.43.24_7ffe9241
Fairid naparin idul adha
IMG-20240617-WA0075
idul adha barsel

Staf Ahli Bupati Kapuas, Yunabut Saat membacakan sambutan tertulis Pj bupati Kapuas, mengatakan sangat mendukung dan menyambut baik terlaksananya acara ritual adat budaya yang dilaksanakan setiap tahun oleh Disparbudpora Kabupaten Kapuas,

“Hal ini sejalan dengan visi dan salah satu misi Pemerintah Kabupaten Kapuas yaitu meningkatkan pembinaan kegiatan kepemudaan, kepramukaan, olahraga, seni budaya, serta pengembangan pariwisata,” ujarnya.

Hut Kapuas Erlin Hardi
PJ BUpati Kapuas, Erlin Hardi ASN Netral

Kemudian, Dirinya mengharapkan agar acara ini dapat terus dilestarikan dengan tidak meninggalkan nilai-nilai budaya asli yang terkandung di dalamnya dan terus memperkenalkannya kepada generasi muda,