PALANGKA RAYA – Kerap membuat resah masyarakat, Satpol PP berhasil menciduk puluhan gelandangan dan pengemis (Gepeng) yang tersebar disejumlah lokasi di Kota Palangka Raya, rata-rata warga Jawa Timur.

Kepala Satpol PP Kota Palangka Raya, Berlianto mengatakan berdasarkan arahan dari Pj Wali Kota terkait pelaksanan beberapa event dalam upaya menciptakan kondisi keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menjalankan fungsinya untuk menegakkan perda.

Hut Kalteng 3
Hut Kalteng 6
Hut Kalteng 7
20240510_224655
Idul Adha Erlin Hardi

“Tadi pagi sudah kita amankan 5 orang (Gepeng) dan sore ini ada 7 orang dan langsung kita amankan, saat perjalanan ke kantor Dinas Sosial kami mengamankan 1 badut, total 13 orang,” kata Berlianto di komplek kantor Pemerintahan Kota Palangka Raya Selasa, 21 Mei 2024.

Dalam penangkapan tersebut, Satpol PP Kota Palangka Raya mendapatkan informasi lokasi persembunyian para gepeng dari salah satu pengemis yang tertangkap.

WhatsApp Image 2024-05-10 at 19.43.24_7ffe9241
Fairid naparin idul adha
Hut Kapuas Erlin Hardi
PJ BUpati Kapuas, Erlin Hardi ASN Netral

“Berdasarkan keterangan pengemis yang tadi pagi, mereka tinggal disalah satu rumah sewaan di Jalan Sulawesi,” ungkapnya.

Dari hasil pemeriksaan Satpol PP Kota Palangka Raya, rara-rata pengemis yang tertangkap berasal dari luar Provinsi Kalimantan Tengah.

“Mereka (Gepeng) asalnya dari Jawa Timur, ada yang dari Sumenep, Banyuwangi, dan Bangkalan. Semua dari luar pulau Kalimantan, rata-rata usianya 50 Tahun keatas,” sebutnya.