PALANGKA RAYA – Sejak awal tahun hingga menjelang lebaran Tahun 2024, sejumah pengemis masih ditemukan berkeliaran dan kedapatan meminta-minta di beberapa kedai dan rumah makan di Jalan Yos Sudarso Palangka Raya Kalimantan Tengah.

Kemunculan para pengemis tersebut membuat sejumlah pengunjung yang terganggu atas aksi minta-mintanya yang dinilai sangat meresahkan.

Hut Kalteng 3
Hut Kalteng 6
Hut Kalteng 7
20240510_224655
Idul Adha Erlin Hardi

Salah satu pengunjung di Kedai Kopi bernama Febriadi mengaku risih atas kehadiran para pengemis yang seakan terorganisir.

“Saya sering nongkrong disini, pengemisnya itu itu aja orangnya, ada kemungkinan mereka terorganisir,” Katanya, Sabtu 30 Maret 2024.

WhatsApp Image 2024-05-10 at 19.43.24_7ffe9241
Fairid naparin idul adha
Hut Kapuas Erlin Hardi
PJ BUpati Kapuas, Erlin Hardi ASN Netral

Ia juga juga mempertanyakan terkait kinerja dari pihak Dinas Sosial Kota Palangka Raya, dengan menyebut adanya pembiaran dari kemunculan sejumlah pengemis hingga saat ini.

“Dinas terkait seharusnya segera menindak, kalau begini mereka terkesan melakukan pembiaran dan membuat julukan Kota Cantik Palangka Raya jadi tercoreng,” tegasnya.

Sementara itu, maraknya kemunculan pengemis di Kota Palangka Raya, sebelumnya sudah ditanggapi oleh Kepala Dinas Sosial setempat, Riduan yang dengan tegas mengatakan, pihaknya segera menertibkan.

“Rencana senin kami akan mengundang pihak Satpol PP untuk rapat,” Kata Riduan saat di konfirmasi, Minggu 14 Januari 2024.