Cyrustimes.com,Palangka Raya-Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023 ini menyiapkan anggaran sebesar Rp 100 miliar, untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta banjir yang terjadi di wilayah itu.

Gubenur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengatakan, anggran itu terbesar di antara Provinsi lainnya. Menurutnya, dalam penanganan karhutla dan bencana banjir tentunya yang terpenting disediakan adalah anggaran.

Hut Kalteng 3
Hut Kalteng 6
Hut Kalteng 7
20240510_224655
Idul Adha Erlin Hardi

“(Anggaran) ini yang terbesar diantara Provinsi lainnya. Apabila anggaran sudah sudah tersedia, maka penanganan juga akan efektif,”ujarnya Rabu 15 Maret 2023.

Lanjut Gubernur, cuaca panas di Kalimantan Tengah diprediksi bakal terjadi pada bulan Mei hingga Juli.”(Panas) Ini akan sangat terik. Oleh karenanya di bulan itu pemprov juga kabupaten kota lainnya akan benar benar fokus dalam bahaya karhutla,”jelasnya.

WhatsApp Image 2024-05-10 at 19.43.24_7ffe9241
Fairid naparin idul adha
Hut Kapuas Erlin Hardi
PJ BUpati Kapuas, Erlin Hardi ASN Netral

Gubernur mengatakan dalam penangan karhutla dan banjir nantinya Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kalimantan Tengah akan dilibatkan.

Menurutnya, Polda Kalteng dan Koren 102 Panju Panjang diminta untuk menyiapkan anggota serta seluruh sarana dan prasarana pendukung pencegahan bencana tersebut.

Gubernur juga memetakan beberapa wilayah di Provinsi Kalimantan Tengah yang rawan akan terjadinya bencana karhutla dan juga banjir.