cyrustimes.com – Tingkatkan kemampuan Polwan dalam pengawalan. Ditlantas Polda Kalteng melaksankan latihan Pengoperasian Motor Gede Polantas yang dilaksanakan di Halaman SAT PJR, Kamis (15/12/2022) pagi.

Dirlantas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K melalui Kasat PJR AKBP. Suwarno, M.Si mengatakan tujuan dilaksanakan latihan ini untuk menguasai cara-cara berkendara dengan aman dan berkesalamatan terutama saat melakukan pengawalan.

Hut Kalteng 3
Hut Kalteng 6
Hut Kalteng 7
20240510_224655
Idul Adha Erlin Hardi

Dalam kegiatan tersebut, tak kalah dengan polisi laki-laki. Polwan Ditlantas mengendarai motor gede dengan benar. Yang mana dilatihkan seperti safety riding, zig-zag, lintasan angka delapan, dan melingkar.

“Terkait dengan kegiatan peningkatan kemampuan pengoperasionalan moge ini, selain latihan mendengara dalam melakukan pengawalan mempunyai banyak tujuan juga. Terutama untuk polwan, mereka dilatih menggunakan moge sebagai wujud nyata Profesionalitas kami sebagai Polisi lalu lintas,  tidak hanya itu bahwa latihan  Ini ditujukan untuk sarana Polantas dalam mendekatkan diri pada masyarakat dan sebagai edukasi tentang keterampilan berkendara kepada masyarakat” ungkap Suwarno

WhatsApp Image 2024-05-10 at 19.43.24_7ffe9241
Fairid naparin idul adha
IMG-20240617-WA0075
idul adha barsel

Lebih lanjut tidak sembarangan orang bisa naik moge, apalagi melakukan berbagai maneuver untuk itu dibutuhkan latihan yang cukup serta paham trik-trik cara mengendarainya. Mengendarai moge saat mengawal, beda dengan naik motor biasa apalagi dalam kecepatan tinggi dan penuh resiko.

“Setelah dilatih kemampuannya, Polwan tersebut harus mampu mejinakkan moge tersebut sehingga lihai melakukan berbagi atraksi saat mengendarai, dan pada saat jatuh pun ada cara khusus mengangkat motor tersebut karena berat dan besar” jelasnya.

Hut Kapuas Erlin Hardi
PJ BUpati Kapuas, Erlin Hardi ASN Netral

Tentunya ini sangat penting dalam menghadapi dinamika tugas mendatang seperti persiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru, serta patroli rutin.

“Terkait natal dan tahun baru, pada kesemptan ini kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu tertib dalam berlalu lintas, utamakan keselamat sebagai kebutuhan dan waspadai cuaca yang saat ini sering terjadi hujan lebat, jaga jarak pandang dan jaga kecepatan” tutupnya. (45R)