PALANGKA RAYA – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, nama Sri Suwanto semakin santer terdengar sebagai kandidat kuat calon Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng).

Dikenal dengan dedikasi dan integritasnya, Sri Suwanto memiliki latar belakang yang kaya pengalaman dalam bidang pemerintahan dan pelayanan publik.

Dalam segi akademis, Sri Susanto merupakan Alumni Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Dirinya juga diketahui telah mendedikasikan diri puluhan tahun di dalam organisasi maupun instansi.

Sri Suwanto sendiri merupakan Ketua Paguyuban Kulowargo Wong Jowo (Pakuwojo) Provinsi Kalimantan Tengah, sebuah organisasi yang menaungi masyarakat Jawa se-Kalimantan Tengah.

Kepemimpinannya dalam Pakuwojo menunjukkan komitmennya untuk merangkul berbagai komunitas dan budaya, serta memperkuat persatuan di antara masyarakat.

Peran ini membuktikan kemampuan Sri Suwanto dalam mengelola dan memimpin organisasi besar dengan berbagai tantangan.

Selain itu, dalam karier profesionalnya, Sri Suwanto pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah dari 2017 hingga 2022.

Selama masa jabatannya, ia berhasil mengimplementasikan berbagai program strategis yang berfokus pada pelestarian hutan dan pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan.