PALANGKA RAYA – Kerap membuat resah masyarakat, Satpol PP melakukan razia terhadap gelandangan dan pengemis atau Gepeng yang sering beraksi di Kota Palangka Raya, Selasa 21 Mei 2024.

Satpol PP Kota Palangka Raya saat melakukan razia terhadap Gelandangan Pengemis dan berhasil menangkap 13 orang warga asal Jawa Timur

Dari Razia tersebut, Satpol PP Kota Palangka Raya berhasil mengamankan sejumlah Gepeng dan mendapatkan informasi markas tempat mereka bersembunyi.

Hut Kalteng 3
Hut Kalteng 6
Hut Kalteng 7
20240510_224655
Idul Adha Erlin Hardi

Adanya informasi tersebut, petugas satpol PP langsung bergerak ke salah satu rumah sewaan di jalan Sulawesi dan berhasil mengamankan 7 orang Gepeng.

Penangkapan juga mendapatkan fakta, bahwa rata-rata Gepeng tersebut merupakan warga Jawa Timur, yang datang ke Kota Palangka Raya untuk sekedar mengemis.

WhatsApp Image 2024-05-10 at 19.43.24_7ffe9241
Fairid naparin idul adha
IMG-20240617-WA0075
idul adha barsel

Para Gepeng yang diamankan kemudian  dibawa petugas ke Kantor Dinas Sosial di Jalan Soekarno untuk dilakukan pembinaan.

Namun saat ingin menuju Kantor Dinas Sosial, petugas bertemu satu orang gepeng, diketahui gepeng tersebut merupakan tangkapan razia sebelumnya dan sudah dilakukan pembinaan di Kantor Dinas Sosial.

Hut Kapuas Erlin Hardi
PJ BUpati Kapuas, Erlin Hardi ASN Netral

Lantas, Kepala Satpol PP Palangka Raya, Berlianto memberikan penegasan terhadap Gepeng tersebut untuk tidak kembali mengemis dan mengancam akan dikembalikan ke daerah asalnya.

Kemudian, sesampainya di Kantor Dinas Sosial, para Gepeng tersebut kemudian Satpol PP serahkan untuk dilakukan asesmen dan pembinaan.