PALANGKA RAYA – Upaya Palestina masuk menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) masih mendapat hambatan. Hal itu dikarenakan, dalam pemungutan suara yang digelar Majelis Umum PBB, sebanyak 9 negara menolak dan 25 negara abstain.

Sembilan negara yang menolak keanggotaan Palestina di organisasi PBB diantaranya Amerika Serikat, Israel, Argentina, Timor Leste, Hongaria, Mikronesia, Nauru, dan Palau.

Hut Kalteng 3
Hut Kalteng 6
Hut Kalteng 7
20240510_224655
Idul Adha Erlin Hardi

Termasuk salah satunya negara peserta event UCI MTB Eliminator World Cup 2024 yang diadakan di Kalimantan Tengah yakni Republik Ceko yang menolak Palestina menjadi anggota PBB.

Sementara itu, 25 negara yang abstain di antaranya Albania, Austria, Bulgaria, Kanada, Kroasia, Fiji, Finlandia, Georgia, Jerman, Italia, Latvia, Lituania, Malawi, Kepulauan Marshall, Monako, Belanda, Makedonia Utara, Paraguay, Republik Moldova, Rumania, Swedia, Swiss, Ukraina, Inggris, dan Vanuatu.

WhatsApp Image 2024-05-10 at 19.43.24_7ffe9241
Fairid naparin idul adha
IMG-20240617-WA0075
idul adha barsel

Adapun sebanyak 143 negara mendukung Palestina menjadi anggota penuh PBB, termasuk Indonesia.

Dilansir dari CNN, Senin (13/5), Resolusi Majelis Umum PBB dilakukan untuk memperkuat hak Palestina dalam organisasi. 

Hut Kapuas Erlin Hardi
PJ BUpati Kapuas, Erlin Hardi ASN Netral

Selain itu, turut mendorong Dewan Keamanan (DK) untuk mempertimbangkan kembali pengajuan menjadi anggota penuh PBB.

Duta Besar Israel untuk PBB Gilad Erdan menolak mentah-mentah resolusi Majelis Umum PBB. Ia menyebut, negara yang mendukung resolusi sama saja mendukung kelompok Hamas Palestina.

“Saya ingin dunia menyaksikan tindakan amoral ini (voting). agar kalian semua juga berkaca bahwa (voting) ini, tindakan Anda semua, telah menghancurkan Piagam PBB. Kalian memalukan,” tegasnya di depan podium sambil merobek-robek salinan ‘Piagam PBB’ yang ia pegang.

Saat ini, Palestina sendiri masih berstatus sebagai negara pengamat yang bukan anggota PBB. Keanggotaan penuh PBB sudah lama diupayakan namun terjegal berbagai veto yang utamanya dilayangkan AS. 

Simak Berita Lainnya dari Cyrustimes dengan Mengikuti di Google Berita