KUALA KAPUAS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Tahun 2024,

Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas, Minggu (19/5/2024) malam.

Hut Kalteng 3
Hut Kalteng 6
Hut Kalteng 7
20240510_224655
Idul Adha Erlin Hardi

Launching Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kapuas 2024 ini, di suguhkan dengan Tarian Tradisional khas Dayak, Ruri Republik, Raymond Band, dan Mahrita penyanyi dangdut.

Acara Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas 2024, mendapat antusias luar biasa dari masyarakat. Terlihat puluhan ribu pengunjung memadati lapangan stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas.

WhatsApp Image 2024-05-10 at 19.43.24_7ffe9241
Fairid naparin idul adha
IMG-20240617-WA0075
idul adha barsel

Adapun yang hadir dalam acara tersebut, Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi, Pimpinan KPU Provinsi Kalteng, Forkopimda Kapuas, Kepala OPD lingkup Pemkab Kapuas, Pimpinan Bawaslu Kalteng, Pimpinan DPRD Kapuas beserta jajarannya, Pimpinan Bawaslu Kapuas, dan Stakeholder terkait.

Ketua KPU Provinsi Kalteng, Satriadi dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara kegiatan peluncuran Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kapuas, menyampaikan Pilkada nanti akan dilaksanakan pada hari rabu, 27 November 2024,

Hut Kapuas Erlin Hardi
PJ BUpati Kapuas, Erlin Hardi ASN Netral

“Ia mengingatkan pada tanggal 24 Juni sampai 25 Juli 2024, ada kegiatan yang penting sekali. Petugas kita di tanggal 24 Juni sampai 25 Juli akan melaksanakan pencocokan dan penelitian (mencatat) ke tiap-tiap rumah warga supaya terdaftar sebagai pemilih Bupati dan Wakil Bupati Kapuas,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi menyampaikan sebagai komponen masyarakat agar bisa mensukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas 2024.

Erlin Hardi berpesan kepada KPU Kapuas sebagai penyelenggara bisa bekerja sesuai dengan tugas dan kewenangannya,

“Tetap menjunjung tinggi asas-asas penyelenggara pemilu yang memiliki integritas, independensi dan netralitas yang tinggi, dengan berpedoman prinsip netralitas dan tidak memihak dalam pilkada nanti,” ucap Erlin.

Erlin Hardi menambahkan, KPU nanti harus mampu merumuskan langkah-langkah proaktif sehingga potensi komplik terserap dapat diredam. “Gerakan suatu pemilihan harus menegakkan prinsip-prinsip dasar keadilan”, kata Erlin Hardi.

Selanjutnya masih ditempat yang sama, Ketua KPU Kabupaten Kapuas, Deden Firmansyah menuturkan hasil yang ingin dicapai oleh pelaksana kegiatan ini, mengenai tahapan program antara lain tersebar luasnya informasi jadwal penyelenggara pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kapuas kepada masyarakat secara umum,

“Dengan meningkatnya pemahaman pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemilihan dalam membangun kehidupan demokrasi di Indonesia khususnya Kabupaten Kapuas,” ujarnya.

Ia menyampaikan, partisipasi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya dengan benar pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di tahun 2024. Kami juga berterimakasih kepada Pemkab Kapuas telah memberikan dukungannya.

“Yaitu ditandatanganinya naskah perjanjian hibah daerah, dimana anggaran ini akan dipergunakan dalam pelaksanaan setiap tahapan pemilihan sesuai dengan kebutuhan,” ungkap Deden

Kami berharap pada pesta demokrasi rakyat Kabupaten Kapuas yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Nopember 2024, bisa berjalan dengan baik dan lancar tampa ada gangguan apapun.

Seterusnya acara dilanjutkan dengan penyerahan piala dan hadiah oleh Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi dan Pimpinan Pejabat lainnya, kepada pemenang lomba desain Maskot dan Jingle yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Kapuas. (DN)