PALANGKA RAYA – Infrastruktur jalan dan jembatan di Jalur Lintas Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menghubungkan Kabupaten Gunung Mas-Palangka Raya masih rusak parah. Hal ini diduga akibat banyaknya truk Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang melintasi jalan umum tersebut.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Gunung Mas, Isnaini mengungkapkan rasa prihatinnya terhadap kondisi kerusakan infrastruktur jalan dan jembatan yang saat ini terjadi, bahkan membahayakan masyarakat pengguna jalan.

Hut Kalteng 3
Hut Kalteng 6
Hut Kalteng 7
20240510_224655
Idul Adha Erlin Hardi

“Miris melihatnya keadaan jalan dan jembatan sekarang banyak kubangan-kubangan jalan apalagi ini musim hujan, jembatan yang jebol juga, nah karena lubang jalan ini semakin banyak sehingga ini sangat membahayakan bagi pengendara apalagi saat ini mudik lebaran,” kata Isnaini, Minggu 7 April 2024.

Ia menuturkan, Kondisi kerusakan ini diperparah oleh banyaknya truk PBS yang terus melintasi jembatan dan jalan umum yang ada. Oleh karena itu, pihaknya meminta pihak perusahaan untuk berhenti melewati jalur umum, apalagi melebihi tonase.

WhatsApp Image 2024-05-10 at 19.43.24_7ffe9241
Fairid naparin idul adha
IMG-20240617-WA0075
idul adha barsel

“Kita imbauan dulu ke mereka supaya truk truk berban 10 ya diberhentikanlah , karena truk ban 10 itu kan melebihi tonase dengan rata-rata 32 ton sekali bawa,” tuturnya.

Isnaini menegaskan, jika imbauan yang disampaikan tidak diikuti, maka pihaknya akan menggelar aksi penutupan akses jalan terhadap truk PBS yang hendak melintas, terlebih kepada truk yang melebihi tonase.

Hut Kapuas Erlin Hardi
PJ BUpati Kapuas, Erlin Hardi ASN Netral