SITUBONDO – Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo, Bupati Karna Suswandi bulan lalu melantik masa perpanjangan jabatan kepala desa sebanyak 129 di wilayahnya. Pasalnya, perpanjangan jabatan selama 2 tahun kedepan atas permintaaan Kepala Desa (Kades) seluruh indonesia kepada DPR setempat hingga ke DPR RI, kini sudah sah, dan mendapat apresiasi berbagai kalayak umum.

Sempat viral, aksi demontrasi berbagai Kades yang melibantkan Asosiasi Kepala Desa Seluruh Indonesia (ABDESI) ini, untuk mengapresiasi kinerja didalam masa jabatan yang dianggapnya sangat singgat, yakni hanya 6 tahun saja.

Hut Kalteng 3
Hut Kalteng 6
Hut Kalteng 7
20240510_224655
Idul Adha Erlin Hardi

Hal itu berjalan penuh perjuangan, hingga mendapatkan apresiasi disahkahnya RUU Desa. Namun sayangnya, ada sebagian Kades yang menjadi sorotan atas ulah perbuatannya. Seperti, sering karaoke ditempat hiburan malam, dugem, hingga Open BO sama pemandu lagu alias Lady Companion (LC) pesanannya.

Perpanjangan masa jabatan yang sudah dilantik terkesan kecolongan, melihat sebagian kinerja kades yang sangat tidak etis dan memalukan sering mangkal di tempat-tempat hiburan malam. Seperti halnya yang terpantan oleh Cyrustimes.com saat investigasi, sering terlihat mobil pajero warna hitam putih diduga milik Kades Joni, Desa Baderan, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo. Mobil tersebut, sedang markir di Hotel Marisa dan Ashika tempat karaoke yang berlokasi di Kecamatan Banyuglugur, Situbondo.

WhatsApp Image 2024-05-10 at 19.43.24_7ffe9241
Fairid naparin idul adha
Hut Kapuas Erlin Hardi
PJ BUpati Kapuas, Erlin Hardi ASN Netral

Biasanya, tempat tersebut, selain duduk ditemani miras, juga nongkrong bersama perempuan muda pemandu lagu, tapi kadang kala hubungan antara pelanggan dengan LC di tempat Karaoke tidak habis sampai disitu. Ucap LC yang tidak mau dimediakan.

Ia menjelaskan, ada yang berlanjut ke hubungan yang lebih intim dan pribadi. Ada yang berakhir pacaran, dan tak jarang berlanjut ke ranjang setelah dari tempat karaoke. Seperti Kades Baderan (JN) ini, setelah selesai karaokean Kades Bederen juga sering BO LC untuk esek-esek memuaskan nafsunya. Ujarnya.

Salah satu Kordinator para LC atau di sebut (Ojekan) yang enggan di sebutkan namanya, inisial SMR mengatakan, “Saya disini hanya mencari rezeki lur, tugas saya hanya mencari LC jika ada tamu yang butuh LC dari luar atau LC freelance. Upah yang saya dapat hanya 25 ribu per jam dari LC lur”. Tuturnya.

Lebih lanjut SMR mengatakan, soal untuk Kepala Desa ya juga banyak ke tempat-tempat karaoke, bahkan juga pernah Party sama Kades-kades se Kec. Besuki hampir tiap malam ketika saya berada di tempat karaoke Marisa. Pungkasnya.

Sementara itu Kepala Desa Baderan, Joni, saat dikonfirmasi oleh Cyrustimes.com melalui via telpon Jum’at, 07 Juni 2024, mengatakan bahwa, ”Memang benar mobil yang sering markir di Marisa dan Ashika itu adalah milik saya, tapi saat itu mobilnya saya gadaikan ke orang besuki,” Katanya, Joni Kades Baderan.

Ia mengungkapkan bahwa, seingat dirinya, foto mobil tersebut sudah setahun lalu, pas waktu digadaikan dan ia berkilah kalau dirinya sering dugem, karaokean, atau hingga Open BO.

”Tidak mas, saya gak pernah begitu,” Singkatnya.