Cyrustimes.com–Jakarta –Tiga kandidat calon wakil presiden (cawapres) disiapkan NasDem untuk mendampingi Anies Baswedan. Termasuk salah satunya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang disebut-sebut paling berpeluang. Dua nama lainnya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno, menyebut AHY memiliki peluang paling besar untuk diusung menjadi cawapres.

Hut Kalteng 3
Hut Kalteng 6
Hut Kalteng 7
20240510_224655
Idul Adha Erlin Hardi

“Jika dirangking secara kalkulatif dari berbagai aspek, mestinya AHY lebih diunggulkan dan dinilai realistis jadi pendamping Anies, lalu Khofifah, dan Andika,” kata Adi saat dihubungi, Jumat (30/9/2022) dikutip dari detik.com

Menurutnya, ada tiga modal penting yang dimiliki oleh AHY. Seperti posisi sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat (PD), dan berlatar belakang militer.

WhatsApp Image 2024-05-10 at 19.43.24_7ffe9241
Fairid naparin idul adha
IMG-20240617-WA0075
idul adha barsel

“Pertama, AHY punya elektabilitas melampaui Khofifah dan Andika. Kedua, AHY ketum partai yang bisa menggenapi koalisi NasDem dengan PKS. Bahkan Demokrat jadi kunci. Tanpa demokrat koalisi ini sulit terwujud. Kurang satu partai lagi untuk menggenapi ambang batas presiden 20 persen. Ketiga, AHY punya latar belakang militer,” ucap Adi.

Namun menurut Adi, dinamisnya politik membuat dua calon lain tidak kehilangan peluang.

Hut Kapuas Erlin Hardi
PJ BUpati Kapuas, Erlin Hardi ASN Netral

Khofifah dan Jenderal Andika pun dinilainya memiliki peluang untuk diangkat jadi cawapres dari Anies Baswedan dengan beberapa pertimbangan.